Pratama Arhan Absen Lagi, Tokyo Verdy Turun di Peringkat 3 Klasemen Sementara J-League

Pratama Arhan Absen Lagi, Tokyo Verdy Turun di Peringkat 3 Klasemen Sementara J-League

Perebutan tempat kedua di J2 League semakin panas. Tokyo Verdy, yang beberapa pekan lalu berada di peringkat 2, kini harus rela turun ke posisi ketiga dalam klasemen sementara.

Pada pertandingan pekan ke-27, Minggu, 23 Juli 2023, Verdy berhasil meraih kemenangan dramatis 4-3 melawan Vegalta Sendai. Namun, hasil tersebut tidak cukup untuk menjaga posisi mereka karena Jubilo Iwata juga berhasil meraih hasil imbang 1-1 dengan The Spakusatsu Gunma di pekan yang sama.

Masih menjadi catatan menarik bahwa Pratama Arhan, bek andalan Timnas Indonesia, kembali mengalami kegagalan dalam debutnya di kompetisi resmi. Ia kalah bersaing dengan Daiki Fukazawa untuk posisi bek kiri dalam skuad Tokyo Verdy.

Saat ini, Verdy dan Jubilo Iwata sama-sama mengoleksi 48 poin, tetapi selisih gol menjadi penentu posisi. Jubilo Iwata unggul selisih 1 gol (18) daripada Verdy yang hanya memiliki selisih gol 17 (38-21).

https://www.youtube.com/watch?v=83AuGHyMc10

Machida Zelvia tetap kokoh di peringkat pertama dengan 54 poin hingga pekan ke-26.

Pertandingan J2 League antara Verdy dan Vegalta Sendai menjadi laga yang menegangkan. Verdy unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak oleh H Nakahara pada menit ke-6. Namun, Y J Heo dari Vegalta Sendai berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-22.

Verdy kemudian mendapatkan keuntungan berkat gol bunuh diri M Sugata di menit ke-33, diikuti dengan gol dari Y Kitajima di menit ke-42 yang menambah keunggulan bagi timnya. Namun, Y J Heo mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya di menit ke-45+1 sebelum babak pertama berakhir, dengan skor sementara 3-2 untuk Verdy.

Tidak ingin memberi kesempatan bagi lawan, Verdy langsung menggebrak di babak kedua dan berhasil menambah gol melalui R Sato di menit ke-46. Tuan rumah semakin memperbesar keunggulan mereka ketika R Rida berhasil mencetak gol melalui tendangan penalti di menit ke-71. Skor berakhir dengan kemenangan 4-3 untuk Tokyo Verdy.

Kemenangan ini sekaligus menjadi balas dendam atas kekalahan 0-2 yang mereka alami dalam pertemuan sebelumnya di Ajinomoto Stadium.

Meskipun berhasil mendapatkan tambahan tiga poin, posisi Verdy tergeser menjadi peringkat ketiga di klasemen sementara, karena kalah dalam selisih gol dengan Jubilo Iwata.

Untuk bisa lolos ke J League musim depan, Tokyo Verdy setidaknya harus mampu bertengger di posisi kedua dalam klasemen akhir. Bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan, sayangnya tidak dapat berkontribusi dalam pertandingan tersebut dan harus absen lagi.