Resmi, Roberto Mancini Latih Timnas Arab Saudi

Resmi, Roberto Mancini Latih Timnas Arab Saudi

Roberto Mancini, seorang sosok pelatih berpengalaman, telah resmi dipilih untuk memimpin timnas putra Arab Saudi yang baru, mengumumkan hal tersebut pada sebuah hari Minggu yang cerah di negara itu.

Keputusan menunjuk Mancini datang dengan cepat, hanya berjarak dua minggu setelah ia mengakhiri masa jabatannya sebagai manajer timnas negara asalnya, Italia. Langkah tersebut telah membuat banyak orang terkejut, namun juga membuka pintu baru bagi petualangan baru dalam karirnya.

Tiba-tiba, dalam sebuah pesan yang diposting di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, Mancini mengungkapkan perasaannya, “Hari ini saya merasa sungguh terhormat atas kepercayaan ini. Peran yang luar biasa ini memberi saya semangat baru untuk membawa nuansa Italia ke panggung dunia.”

Dalam pesan singkat itu, ia juga berbicara tentang proyek ambisius yang akan dijalaninya di Arab Saudi, yang mencakup visi bersama untuk mengangkat sepak bola nasional mereka. “Saya juga merasa terdorong untuk mengembangkan potensi para pemain muda yang akan menjadi tonggak masa depan,” katanya.

Tak lama kemudian, sebuah video menarik muncul di platform X, menampilkan Mancini dengan santainya mengenakan dasi hijau sembari menyeruput secangkir kopi. Namun, yang paling menarik adalah kata-kata di akhir video tersebut, “Saya telah menorehkan sejarah di Eropa, dan sekarang tiba saatnya untuk bersama-sama mengukir sejarah baru bersama Saudi.”

Sebagai sosok yang telah melatih Italia selama lima tahun, meraih gelar Euro pada tahun 2021, Mancini tetap memiliki pengalaman yang tak ternilai. Walaupun demikian, masa baktinya bersama Italia berakhir kurang gemilang saat tim tersebut gagal melaju ke Piala Dunia Qatar 2022 di bawah kepemimpinannya.

Kini, dalam Euro 2024, tim yang ia pimpin saat ini berada di peringkat ketiga dalam grupnya, di bawah Inggris dan Ukraina. Ini menjadi tantangan yang menarik dan ambisius bagi Mancini dalam menjalani babak baru dalam karirnya.

Namun, bukan hanya di dunia internasional Mancini menjelma menjadi tokoh penting. Sebelumnya, ia telah melatih tim-tim terkemuka seperti Inter Milan, Manchester City, dan Zenit St Petersburg di Rusia. Prestasi puncaknya adalah memimpin Manchester City meraih gelar Liga Primer Inggris pada tahun 2012 dengan perjuangan yang mengharukan.

Namun, yang tak kalah mengesankan adalah penampilan mengejutkan timnas putra Arab Saudi dalam Piala Dunia 2022, di mana mereka berhasil mengalahkan tim tangguh Argentina dengan skor 2-1 dalam babak penyisihan grup. Prestasi ini semakin menegaskan investasi besar-besaran yang telah dilakukan oleh negara ini dalam sepak bola.

Dengan kontrak bintang-bintang sepak bola dunia seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Karim Benzema dalam liga profesional Saudi Pro League, negara ini jelas menunjukkan komitmen mereka dalam mengembangkan sepak bola secara nasional. Dengan sosok seperti Mancini di kemudi, masa depan sepak bola Arab Saudi terlihat semakin bersinar dan menjanjikan.